Suasana Asri di Kampung Berseri Astra Sui Jawi Pontianak


Suasana kampung yang banyak sekali menjadi idaman bagi siapa pun yang sudah sangat sesak berada di kota yang semakin hari dipenuhi dengan debu, polusi, dan udara yang sudah tidak sehat lagi. Berada di lingkungan yang sejuk, asri, sehat, dan tenang akan membuat kita betah di rumah sehingga membuat kita untuk merasa nyaman untuk melakukan aktivitas di sekitar rumah bahkan melakukan sesuatu yang lebih produktif.

Masyarakat dan perusahaan berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Namanya Kampung Berseri Astra yang terletak di Sui Jawi, Pontianak Kota, Kalimantan Barat. Kampung Berseri Astra ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program, yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Masyarakat yang berada di Kampung Berseri Sui Jawi ini sebagian besar adalah perantau dari suku jawa dan madura yang saling membaur dan menjaga keharmonisan antara satu sama lain. Hadirnya Astra di kampung ini telah memberikan dampak yang sangat besar kepada masyarakat salah satunya yakni pada perbaikan dan penataan jalan di wilayah kampung yang diberi nama Kampung Astra Berseri dengan luas wilayah 221.000 m².

Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) merupakan langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif, serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pada prinsipnya di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat.

KEWIRAUSAHAAN

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah "INDAH"

Difoto oleh: Siti Mustiani

Mawardi bersama istri (Ponirah) mengelola usaha Oleh Oleh Kalbar Opak Singkong yang sudah bergerak selama 1 tahun yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Mereka memasarkan produk ke beberapa pasar, rumah ke rumah, juga ke rumah makan. Penjualan terbanyak biasanya ketika bulan puasa.

Tidak hanya Opak, UMKM "INDAH" juga memproduksi Rengginang mentah dan yang sudah siap saji. Untuk harga bervariasi dalam kemasan bungkus plastik ada yang Rp 45.000 per kilogram juga ada yang Rp 50.000 per kilogram.

LINGKUNGAN

Mural Landmark Kota Pontianak

Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.
Berbeda dengan grafiti yang lebih menekankan hanya pada isi tulisan dan kebanyakan dibuat dengan cat semprot maka mural tidak demikian, mural lebih bebas dan dapat menggunakan media cat tembok atau cat kayu bahkan cat atau pewarna apapun juga seperti kapur tulis atau alat lain yang dapat menghasilkan gambar.



Mural yang dibuat ini merupakan daya tarik bagi masyarakat untuk berfoto disini. Juga dengan adanya gambar yang ceria, cerah, full color, dan lumayan banyak ini membuat suasana disini lebih asri dan menarik.

Jadi tidak hanya masyarakat sekitar saja yang ingin berfoto di area ini, tapi juga masyarakat luar. Karena gambar yang dibuat merupakan ikon kota Pontianak yang tentunya sangat-sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Silahkan saja datang langsung ke lokasi untuk merasakan keseruan berfoto di area mural ini.

KESEHATAN

Kebun Toga Margo Indah

Tanaman Obat Keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga.

Difoto oleh: Siti Mustiani | Color Grading oleh: Ero Pradolly Prasitha


Posyandu Peduli Bangsa

Difoto oleh: kilometer8koma5.blogspot.com
Ada 10 Indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang menjadi target dari Posyandu Peduli Bangsa, yaitu:
  1. Pertolongan Persalinan oleh Tenaga Kesehatan
  2. Balita diberikan ASI
  3. Menimbang Balita setiap bulan
  4. Tersedia Air Bersih
  5. Mencuci tangan dengan air bersih dan memakai sabun
  6. Tersedia jamban
  7. Memberantas jentik di rumah
  8. Makanlah dengan gizi seimbang (makan sayur dan buah setiap hari)
  9. Lakukan aktivitas fisik setiap hari
  10. Tidak Merokok

PENDIDIKAN

Perguruan Pencak Silat "WEKASAN SUPRIH NGUDI TUNGGAL"

Difoto oleh: pontianak.tribunnews.com

Perguruan Pencak Silat Wekasan Suprih Ngudi Tunggal melestarikan budaya untuk menunjang persatuan dan kesatuan bangsa. Wekasan Suprih Ngudi Tunggal merupakan perguruan ilmu bela diri Pencak Silat yang dikembangkan oleh Mbah Kasan sejak tahun 1918 dimulai dari daerah Ambawang dan Tebang Kacang, Kalimantan Barat. Jika ada pertandingan, atlet Wekasan Suprih Ngudi Tunggal selalu meraih medali. Ini semua berkat kerja keras para pelatih Wekasan yang selama ini selalu mengembangkan pencak silat.



Kampung Berseri Astra Sui Jawi merupakan target Astra bersama pihak pemerintah Kalimantan Barat menjadi wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya. Kemudian menjadikan masyarakat hidup lebih baik lagi dan mereka juga dapat lebih mandiri.

Untuk mendapatkan program CSR Kampung Berseri Astra, ada beberapa tahapan yang harus dilewati, antara lain:
  1. Koordinasi perusahaan Grup Astra
  2. Pembentukan tim Kampung Berseri Astra
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah
  4. Pemetaan Sosial
  5. Penentuan lokasi Kampung Berseri Astra
  6. Penyusunan rencana program
  7. Komitmen bersama dan kick-off program Kampung Berseri Astra
atau bisa langsung membaca artikel lengkap di "Program Kampung Berseri Astra"


Difoto oleh: Siti Mustiani
Tidak lupa, juga terdapat plang gerakan “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” yang merupakan wujud kepedulian PT Astra International Tbk untuk mengajak masyarakat membudayakan keselamatan dalam berlalu lintas.


Dengan inspirasi 61 tahun Astra yang selalu turut berkontribusi sosial untuk membangun Indonesia, Grup Astra berharap masyarakat agar tetap menjaga kelestarian serta selalu menjaga keberagaman dalam bermasyarakat. Semoga dengan adanya Kampung Berseri Astra ini, kita bisa menjadikan acuan agar kampung lainnya juga bisa berseri seperti Kampung Berseri Astra.

Salam Inspirasi, Satu Indonesia!

Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Suasana Asri di Kampung Berseri Astra Sui Jawi Pontianak useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

No comments:

Post a Comment

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *