Jelajah Kalimantan Naik Pesawat Perintis, Why Not?

Gaung penerbangan pesawat perintis di Indonesia mulai nyaring terdengar sejak tahun 2000-an. Mengingat letak geografis Indonesia yang luas dan biaya tiket yang terhitung murah, pesawat perintis sampai hari ini masih banyak peminatnya. Lalu, apa sih sebenarnya pesawat perintis itu? Pesawat perintis adalah pesawat yang melayani rute penerbangan ke daerah terpencil dan tertinggal atau daerah yang sulit untuk dikunjungi dengan akomodasi transportasi lain.

Meskipun layanan pesawat perintis tidak sekomplit seperti jika kalian menggunakan jasa penerbangan pesawat reguler, namun pesawat perintis sangat membantu kalian untuk berkunjung ke daerah-daerah terpencil di Indonesia loh. Seperti beberapa daerah di Kalimantan. Berikut ini adalah daftar maskapai penerbangan yang melayani jasa penerbangan perintis dengan rute Kalimantan. Yuk disimak.


Kalstar
sumber: aeronusantara.blogspot.com

Berbasis di Serpong, pesawat Kalstar sejak awal tahun 2000 sudah dikenal luas oleh penduduk Kalimantan karena pesawat baling-balingnya. Sampai dengan saat ini, pesawat Kalstar masih konsisten melayani para calon penumpang yang ingin terbang mengunjungi bandara-bandara perintis di banyak daerah di Kalimantan.

Maskapai penerbangan yang memiliki lisensi sebanyak 95 rute domestik dan 22 rute regional ini telah mendapat sertifikat resi dari Departemen Perhubungan pada tahun 2007. Kebanyakan pesawat Kalstar adalah jenis ATR buatan negara Perancis.

Selain menyasar penumpang, pesawat Kalstar juga bergerak pada bidang pengiriman barang atau cargo. Star Cargo adalah nama jasa pengiriman barang tersebut yang sudah dikenal akrab terutama oleh masyarakat Banjarmasin.


Susi Air
sumber: infopku.com

Namanya mulai dikenal sejak peristiwa gempa dan tsunami di Aceh. Maskapai yang dimiliki oleh menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ini banyak melayani jasa penerbangan perintis, seperti rute ke Jakarta, Medan, Balikpapan, Bandung, Cilacap, Kendari, dan Papua.

Sebelum melayani jasa penerbangan perintis, Susi air terfokus pada pelayanan bisnis hasil laut, dan kini selain menawarkan jasa penerbangan perintis, Susi Air juga melayani jasa carter.


Wings Air
Wings Air Wings Air ini merupakan anak perusahaan dari Lion Air yang sejak dari awal berdiri memang fokus untuk melayani jasa penerbangan perintis. Pada akhir tahun 2015, dengan koleksi total 60 pesawat, Wings Air menegaskan dirinya sebagai operator ATR terbesar di Indonesia. Rute penerbangan perintis yang dilayani oleh Wings Air meliputi Silangit, Solo, Berau, Selayar.


Aviastar
sumber: bonepos.com

Maskapai yang berdiri di naungan PT Aviastar Mandiri ini terfokus pada pelayanan penerbangan rute Indonesia bagian tengah dan timur. Selain melayani penumpang, Aviastar juga melayani jasa pengiriman barang khususnya untuk daerah Kalimantan dan Papua. Rute penerbangan perintis yang dilayani oleh Aviastar meliputi Jakarta, Lampung, Balikpapan, Palangkaraya, Makassar, Nabire, Samarinda, Banjarmasin, Tana Toraja, dan Datah Dawai.

Baca juga : Masjid Raya Mujahidin Pontianak Ramai Sekarang Yee!


Nam Air
Awal berdiri, Nam Air adalah nama untuk sekolah penerbangan. Namun pada tahun 2014, Nam Air menjadi nama maskapai yang melayani jasa penerbangan ke bandara-bandara perintis. Salah satu penerbangan perintis Nam Air di Kalimantan yakni menuju Sampit.


Trigana Air
sumber: news.detik.com

Berdiri pada tahun 1991, dengan menggunakan pesawat Beechcraft, Trigana Air terkenal handal dalam urusan penerbangan perintis. Saat ini, Setelah lama fokus dengan rute penerbangan ke Indonesia timur, kini Trigana Air juga menyasar rute penerbangan ke Kalimantan, seperti ke Palangkaraya.

Itulah beberapa daftar maskapai penerbangan perintis yang bisa kalian pilih untuk menuju ke daerah-daerah terpencil di pelosok Kalimantan. Tinggal pilih saja, entah itu dengan menggunakan pesawat Kalstar atau jasa penerbangan yang lain, yang pasti perjalanan kalian akan mudah dan menyenangkan.

Have a nice trip. :)

Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Jelajah Kalimantan Naik Pesawat Perintis, Why Not? useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

No comments:

Post a Comment

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *