Balikpapan Satu Hati Membangun Kota Melalui Lingkungan Hidup

Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kalimantan Timur. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan (logat Banjar).
- sumber: wikipedia

Balikpapan Satu Hati Membangun Kota Melalui Lingkungan Hidup


Balikpapan sudah banyak memberikan inspirasi dalam menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan kondusif. Inilah bukti nyata Balikpapan adalah kota yang memperlakukan lingkungan dengan satu hati.

1. Penghargaan Adipura

Adipura adalah penghargaan bagi Kota di Indonesia yang berhasil dalam bidang kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.  Balikpapan sudah mengumpulkan sebanyak 18 kali Penghargaan Adipura. Pada 2013 dan 2014 berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam bidang kebersihan.

Upacara penyambutan Adipura Kencana Kota Balikpapan tahun 2015 di halaman kantor Walikota Balikpapan
Upacara penyambutan Adipura Kencana Kota Balikpapan tahun 2015 di halaman kantor Walikota Balikpapan
sumber: lanud-balikpapan.mil.id


2. Penghargaan Wahana Tata Nugraha

Wahana Tata Nugraha merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota yang mampu menata Transportasi publik dengan baik. Balikpapan sudah 19 kali mendapatkan penghargaan ini terhitung sejak 1992-2015.

Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2015 oleh Presiden Joko Widodo
Pemberian Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2015 oleh Presiden Joko Widodo
sumber: www.klikbalikpapan.co

3. Gelar Environmentally Sustainable City (ESC) Award  

ESC Award merupakan penghargaan Internasional dalam bidang lingkungan dengan 3 indikator, yaitu Clean Land, Clean Water dan Clean Air.
  • Kategori Clean Land, karena dinilai berhasil mengelola sampah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hingga menjadi gas metana.
  • Kategori Clean Water, dapat diraih oleh karena dinilai berhasil mengelola limbah cair warga pemukiman atas air (Margasari), menggunakan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL).
  • Kategori Clean Air, diberikan karena mampu menjaga Hutan Kota, Hutan Mangrove (Bakau), Hutan Lindung yang menghasilkan oksigen untuk udara yang bersih dan aktif melakukan penghijauan.

2014 ASEAN Environmentally Sustainable Cities Award and Certificates of Recognition
2014 ASEAN Environmentally Sustainable Cities Award and Certificates of Recognition
sumber: environment.asean.org

Salah satu aspek lingkungan yang senantiasa menjadi perhatian Astra adalah konsumsi sumber daya alam. Astra selalu melakukan proses produksi dan operasional yang ramah lingkungan dalam menjalankan bisnisnya. Dalam hal ini, Ramah lingkungan berarti mengendalikan dan meminimalisasi konsumsi energi, air, serta penggunaan sumber daya alam lain. Astra secara terus-menerus meningkatkan efisiensi dan optimalisasi penggunaan sumber daya alam, material, energi serta mengelola limbah dengan baik melalui program-program Cleaner Production yang diimplementasikan di masing-masing anak perusahaan. 
  • Penerapan Astra Green Company minimal BIRU (comply regulation) untuk seluruh anak perusahaan
  • Efisiensi sumber daya alam minimal sebesar 5% per satuan produk dibandingkan tahun 2013, melalui penerapan program cleaner production dan menggunakan renewable energy
  • Melaksanakan efisiensi energi dan menurunkan Gas Rumah Kaca (GRK) 2%
  • Mengupayakan pemenuhan regulasi PROPER melalui "Road To be Green PROPER"

Astra menyadari bahwa tanpa adanya hubungan timbal balik antara perusahaan, masyarakat, dan lingkungan, tidak akan terjadi bisnis yang berkelanjutan. Astra pun telah berkomitmen untuk mengurangi dampak terhadap lingkungan dan menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan yang memungkinkan staf dan bisnis Grup Astra menjadi lebih ramah lingkungan. 



Info Grafis Program CSR Astra Lingkungan
Info Grafis Program CSR Astra Lingkungan
Sumber: jengyuni.com

Program kawasan hutan terpadu Grup Astra seluas 200 hektare yang akan menjadi tempat pembelajaran tentang kehutanan, keanekaragaman hayati, serta pendidikan lingkungan tentang hutan tropis Indonesia.


Astra Sentul Eco Edu Tourism Forest (ASEETF) digagas sebagai upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang berkolaborasi dengan Kementerian Kehutanan dan Perhutani di Babakan Madang, Sentul, Jawa Barat. Pada tahun 2014, Astra telah menginvestasikan Rp 1,2 Miliar dalam mengembangkan kawasan hutan ini.


Program Astra Green Lifestyle (AGL) di beberapa kota besar seperti Jakarta, Denpasar, Surabaya, Balikpapan, Palembang, Makassar, dan Mamuju. AGL memiliki semboyan "Kenali-Lakukan-Ajarkan" untuk mengkampanyekan gaya hidup ramah lingkungan. AGL diisi banyak kegiatan seperti Jakarta Green Run (JGR), pameran lingkungan dan pengumpulan 40.000 bibit pohon. Guna mendukung kegiatan ini, Astra telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 1,2 Miliar.



Inspirasi 60 Tahun Astra


Membangun sebuah kota dengan Satu Hati akan menciptakan prestasi-prestasi membanggakan serta dengan adanya dukungan melalui aksi nyata Astra dalam pengelolaan lingkungan hidup semakin menjadikan prestasi tersebut tetap terjaga dan tak hanya menjadi sebuah cerita namun dapat dirasakan manfaatnya. Semoga peran kita dalam bagian Inspirasi 60 Tahun Astra membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki kota-kota yang membanggakan juga.



Referensi:
http://astra.co.id
http://wikipedia.co.id
http://leemindo.com

Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Balikpapan Satu Hati Membangun Kota Melalui Lingkungan Hidup useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

No comments:

Post a Comment

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *