UKM Sebagai Peran Penting Kemajuan Balikpapan

Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: "Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat."
- wikipedia


UKM Sebagai Peran Penting Kemajuan Balikpapan

UKM dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sebagai salah satu alternatif dan peran yang sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan sebuah daerah. Balikpapan sadar dan cepat tanggap dalam hal ini. Balikpapan terus menyokong dan genjot UKM lokal seperti memberikan sertifikasi halal gratis. Hingga saat ini ada lebih dari 168 perusahaan, termasuk pelaku UKM yang sudah memiliki sertifikat halal di Kota Balikpapan.

Seperti berita yang dilansir pada situs resmi disperindagkop.balikpapan.go.id yang berjudul Genjot Daya Saing UMKM dengan Teknologi Informasi

Peran teknologi informasi dalam memperluas pangsa pasar dan meningkatkan daya saing sudah tidak diragukan lagi. Banyak pelaku usaha kecil menengah yang sukses mendongkrak pemasaran dan eksistensi dengan pemanfaatan e-Commerce secara optimal. 
Sebagai bagian program pengabdian kepada masyarakat, Institut Teknologi Kalimantan (ITK) mengadakan "Sosialisasi Pemanfaatan  Teknologi Informasi untuk Peningkatan Daya Saing UMKM" Rabu, 16 November 2016 di Aula Gedung Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Balikpapan.

Foto Bersama Sosialisasi & Sertifikasi Halal UKM Kuliner Kota Balikpapan
Sumber: netralitas.com

Menandakan bukan sebuah opini dan janji dari Balikpapan untuk kemajuan UKM dan UMKM kotanya. Mereka terus genjot dengan berbagai cara dan metode untuk bukan sekadar memberi bantuan dana modal, tapi juga bagaimana caranya mengembangkan bisnis yang dijalankan oleh para pelaku UKM. Salah satunya dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. Karena kita tahu bahwa tanpa mengandalkan teknologi, kita akan tersisih oleh pesaing yang sudah dari awal membangun bisnisnya dengan teknologi yang sangat matang.

Pemanfaatan IT untuk daya saing UMKM juga sebagai bagian langkah mempersiapkan Kota Balikpapan menjadi Kota Kreatif dimana nantinya Balikpapan akan memiliki Youth Centre yang mewadahi pelaku ekonomi kreatif.
– Doortje Marpaung (Kepala Disperindagkop Kota Balikpapan)

Selain itu berkat kerja keras semua elemen yang ada, Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota terbaik ke 3 di Bidang Perdagangan. Peran UKM di Balikpapan yang sangat didukung penuh tak terlepas oleh pemerintah.

AHM Berdayakan Ekonomi Pemuda Lewat Program Youth-Preneurship
AHM Berdayakan Ekonomi Pemuda Lewat Program Youth-Preneurship
Sumber: astra-honda.com

Astra Honda Motor juga memiliki Program yang memajukan UKM daerah sebagai bagian dari Inspirasi 60 Tahun Astra. Astra berikan sebuah program UKM di Bekasi melalui Youth-Preneurship yang diikuti pemuda putus sekolah yang tinggal di lingkungan sekitar pabrik AHM Cikarang, Kabupaten Bekasi. Program ini membekali pengetahuan dan modal kerja sehingga mereka bisa langsung praktik berwirausaha.

AHM juga memberikan pelatihan kewirausahaan Jasa Perbaikan Pendingin Ruangan atau Air Conditioner (AC). Kegiatan ini dimulai akhir tahun lalu dengan memilih pemuda yang putus kuliah di Cikarang, Bekasi. Setelah melakukan proses seleksi dengan memperhatikan potensi dan minat, sebanyak 70 pemuda berusia 18-21 tahun terpilih untuk mengikuti program Youth-Preneurship ini. AHM memberikan paket latihan yang komprehensif mulai pelatihan pembentukan karakter, mental kewirausahaan, hingga keterampilan memperbaiki AC.

AHM Berdayakan Ekonomi Pemuda Lewat Program Youth-Preneurship
Suasana Pelatihan Program Youth-Preneurship
Sumber: astra-honda.com

Setelah melalui proses pendidikan dan pelatihan, AHM melakukan seleksi untuk mendapatkan 11 peserta terbaik dan kemudian dibagi menjadi dua kelompok Unit Usaha Kecil Menengah (UKM) yaitu UKM Jatiwangi Jaya Service yang berlokasi di Kampung Babakan Desa Jatiwangi dan UKM Asa Teknik Mandiri yang berlokasi di Cibitung. Secara simbolis, penyerahan bantuan peralatan kerja perbaikan AC kepada kedua kelompok tersebut.

Dalam momen penyerahan bantuan alat perbaikan AC ini, juga digelar talkshow kewirausahaan dengan pembicara Hisyam Sulaeman (Anggota Bakrie Foundation dan Pendiri Yayasan Asa Mandiri Bangsa) dan Yudi Yozardi (CSR Manager AHM). Talkshow ini juga mengundang perwakilan industri dan pengelola Kawasan Industri MM2100, Kementerian Tenaga Kerja dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi diharapkan dapat semakin membuka wawasan peserta pelatihan tentang wirausaha dan pengembangan networking-nya.

Kita bisa belajar dari Kota Balikpapan yang memajukan UKM sebagai penyokong daerah dan tentunya peran Astra Honda Motor yang akan dengan senang hati membantu agar terwujudnya Indonesia sebagai negara yang mandiri, juga harus terus kita dukung supaya kedua peran penting ini bisa selaras berjalan dengan baik.

omgoegel

Hopefully article about UKM Sebagai Peran Penting Kemajuan Balikpapan useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

No comments:

Post a Comment

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *