Menelusuri Saksi Peristiwa Bersejarah dari Museum-Museum Tempat Wisata yang Ada di Magelang

Napak Tilas Sejarah Dari Museum-Museum Tempat Wisata yang Ada di Magelang

Sumber gambar: seminar.uny.ac.id

Magelang dikenal lewat keberadaan Candi Borobudur yang termasuk dalam salah satu keajaiban di dunia. Kota di utara Yogyakarta ini memiliki sederet akronim yang mengaitkannya dengan berbagai peristiwa bersejarah perebutan kekuasaan dan menjadi legenda asal muasalnya. Dalam history kemerdekaan, Kota Magelang pun pernah menjadi lautan api dengan politik bumi hangus yang dilakukan pejuang lokal dibantu Pasukan Siliwangi untuk menghambat pasukan Belanda. Tidak heran Magelang pun banyak menyimpan bukti sejarah di museum-museum yang juga menjadi tempat wisata di kota ini.

Museum Diponegoro

Sumber gambar: situsbudaya.id
Pangeran Diponegoro merupakan putera dari Sri Sultan Hamengkubuwono III dari Keraton Kasultanan Ngayojokarto Hadiningrat. Silsilah ini seakan terlupakan karena beliau memilih hidup di luar kemewahan istana. Pangeran Diponegoro pun ikut bergabung dan berjuang melawan kesewenangan penjajahan yang menindas rakyatnya. Taktik perang gerilya pun digagas dan berhasil menjadi bentuk perlawanan terbesar terhadap penjajah.

Namun Pangeran Diponegoro tertangkap pada satu peristiwa dan berakhirlah kisah heroik sang pangeran di tanah Magelang. Inilah yang menjadikan peninggalan Pangeran Diponegoro disimpan rapi dalam Museum Diponegoro Magelang yang terletak di Kompleks Karesidenan Kedu Magelang, Jalan Diponegoro No 1, Magelang.

Lokasinya cukup strategis bersama beberapa museum lainnya di Magelang. Ketika ingin mencari informasi Aktivitas & Rekreasi di Traveloka, ada baiknya objek ini dimasukkan dalam daftar kunjungan ke Magelang.

Museum Badan Pemeriksa Keuangan

Sumber gambar: nusaku.id
Masih terletak di dalam kompleks yang sama dengan Museum Diponegoro, bangunan ini menyimpan sejarah perkembangan Badan Pemeriksa Keuangan. Di gedung yang ditempati sebagai museum inilah pertama kalinya BPK memulai aktivitasnya. BPK menempati gedung ini mulai 1 Januari 1947 hingga tahun 1948, dan diresmikan berfungsi sebagai museum pada  4 Desember 1997. Koleksi yang disimpan di dalam museum antara lain lambang organisasi, buku-buku laporan hasil pemeriksaan, dan lain sebagainya. Bisa jadi tempat penelitian juga apabila kamu mencari data objek yang pernah diperiksa BPK dari masa ke masa.

Museum Jenderal Sudirman

Sumber gambar: nyero.id
Mengapa kamu wajib untuk melihat museum saat mencari tempat wisata di Magelang, ini adalah upaya pembelajaran dari generasi ke generasi. Apalagi Museum Jenderal Sudirman yang bertempat di Jalan Ade Irma Suryani ini mulai kehilangan pamor kunjungan wisatawan. Terdiri dari dua bangunan, jejak perjuangan Sudirman berada di bagian depan ruangan dengan diorama yang terpasang. Museum Jenderal Sudirman juga dilengkapi dengan ruang-ruang yang menyimpan koleksi foto dan lukisan tentang perjuangan TNI dan Magelang tempo dulu.

Meskipun Jenderal Sudirman tidak lahir di Magelang, beliau pernah memimpin beberapa pertempuran yang sejarahnya tertulis di perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan. Ketika kondisinya semakin payah, Jenderal Sudirman dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih kemudian beristirahat di Magelang.

Sekian cerita singkat tentang Napak Tilas Sejarah Museum-Museum Tempat Wisata di Magelang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan. Terima kasih. :)

Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Menelusuri Saksi Peristiwa Bersejarah dari Museum-Museum Tempat Wisata yang Ada di Magelang useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

6 comments:

  1. Sudah beberapa kali ke Magelang tapi belum pernah sekalipun mampir ke museum-museum nya. Posting ini memberi ide Nanti kalau ke Magelang lagi harus mampir

    ReplyDelete
  2. Napak tilas yang seru. Kembali ke masa lalu perjuangan orang-orang terdahulu. Semoga suatu saat kalau ke Magelang lagi saya bisa ikut napak tilas seperti ini

    ReplyDelete
  3. menarik juga ya susur museum di sekitar Magelang ini. Umumnya paling wisatawan taunya cuma Borobudur saja.

    ReplyDelete
  4. Iya belum pernah ke museum Magelang. Catet buat next destination

    ReplyDelete
  5. Jauh aja ero mainnya...kapan meet up lagi ni

    ReplyDelete
  6. Wihhh. Akhirnya ada yg bahas soal museum di Magelang.

    Thanks om buat sharingnya

    ReplyDelete

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *