Perjalanan Paling Berkesan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia

Siapa sih yang tidak suka pergi liburan alias jalan-jalan melihat pemandangan?
Ditambah dengan bebasnya biaya akomodasi, hospitality dan sepaket tour keliling suatu daerah?

Saya beserta tim yang menamakan diri dengan Indonesian Blogger beranggotakan 11 orang yang berasal dari berbagai daerah seluruh Indonesia berkesempatan menikmati paket tour jalan-jalan bahagia keliling Sabah selama 5 hari penuh. Gratis? Alhamdulillah iya. Jangan sedih ataupun iri nih saya bagi review seru perjalanan liburan yang disponsori oleh Air Asia Malaysia dan Sabah Tourism Board.


Bagi saya ini kali pertama melakukan perjalanan ke luar negeri. Rasa haru juga bahagia menjadi satu soalnya yang dulu hanya mendengar berita Air Asia yang telah membuka rute Pontianak-Kuching kini dapat saya rasakan sendiri. Makin mudah makin dekat makin bahagia.


Air Asia


Rute yang akan ditempuh bersama Air Asia ini dimulai dari Pontianak-Kuching lalu dilanjutkan ke Kota Kinabalu. Penerbangan pertama memakan waktu 40-45 menit dari Pontianak-Kuching dirasa tidak melelahkan sama sekali. Fasilitas lengkap dan pelayanan kelas dunia dari Air Asia telah memuaskan rasa penasaran saya selama ini. Setibanya di Kuching kami menyempatkan diri untuk bersantap siang dan bersantai di Waterfront Kuching, salah satu ikon khas kota Kuching. Yang menarik perhatian saya adalah lingkungan yang bersih dan pemandangan asri. Sangat cocok untuk tempat santai bersama keluarga. Tiba waktunya melanjutkan perjalanan ke Kota Kinabalu dan masih menggunakan maskapai Air Asia rombongan kami pun bersiap-siap. Jarak tempuh Kuching-Kota Kinabalu memakan waktu selama 1 jam 30 menit. Cepat dan tepat. 100 deh buat Air Asia.

Grandis Hotel and Resort


Setibanya di Kota Kinabalu Airport rombongan kami di sambut dengan ramah tamah lengkap dengan penari daerah dan pengalungan cinderamata khas Kota Kinabalu. Selepas itu tim kami diantar menuju hotel tempat menginap kami selama di sana yakni Grandis Hotel and Resort yang terletak di Suria Sabah Shopping Mall, 1A, Jalan Tun Fuad Stephens, Central Business District, Kota Kinabalu, Malaysia.

Posisi strategis yang berada di tengah kota dan bersebelahan tepat dengan mall ternama di kota Kinabalu sangat pas untuk kami yang akan mengeksplor keindahan kota Kinabalu selama beberapa hari ke depan. Hotel yang berstandar bintang 4 ini sukses membuat saya berdecak kagum. Bagaimana tidak dimulai dengan indahnya design interior dan fasilitas super lengkapnya langsung memenuhi rasa antusias kami untuk segera melepas penat hari itu.

Perjalanan hari kedua dimulai dengan breakfast bersama di Rosea Café. Semua sajian menggugah selera sudah tersaji rapi. Dimulai dari masakan ala Western hingga vegetarian semuanya lengkap tertata di meja. Sungguhlah memanjakan lidah para pengunjung. Saya pun tidak mau ketinggalan mengisi penuh piring saya dengan aneka makanan yang telah dihidangkan.

Pukul menunjukkan pukul 08.30 Waktu Standar Malaysia, saya dan rombongan siap berangkat menuju Manukan Island menggunakan bus persiaran, begitu ucap warga setempat menyebut bis pariwisata. Aktivitas outdoor hari ini antara lain Scubawalk atau Sea Walk di Borneo Reef World Pontoon di Gaya Island, Coral Flyers Zipline dan ditutup dengan menikmati makan siang BBQ di Sapi Island.

Manukan Island



Pulau yang dikhususkan untuk ketenangan dan bagi kita yang mencari tempat buat honeymoon karena disana ada penginapan di atas bukit dan suasana yang begitu tenang dengan deburan ombak serta suara burung-burung merdu berkicau.

Borneo Reef World Pontoon


Lagi-lagi sebagai pengalaman pertama mencoba Scuba Walk atau Sea Walk ini saya pribadi sangatlah merasa antusias. Dengan durasi 15 menit menikmati wisata bawah laut dengan kedalaman 16 feet (5 meter) serta diberi hiburan atraksi gelembung oleh tim penyelam. Jujur saja kurang puas dalam durasi sesingkat itu. Pemandangan indah yang membuat takjub sukses menyihir pandangan sejauh mata memandang. Satu hal yang harus diperhatikan peserta dikarenakan berisiknya suara oksigen yang masuk ke helm biasanya akan membuat sedikit sakit telinga. Tapi jangan khawatir karena sebelum turun ke dalam laut kita akan diberi pengarahan dan trik oleh tim penyelam. So, don't worry be happy. Rileks saja sebelum ketemu sama ikan-ikan lucu di bawah laut.

Sapi Island





Cukup dengan pemandangan bawah laut kita lanjut dengan mencoba kegiatan berikutnya yakni Coral Flyer Zipline dari Pulau Gaya ke Pulau Sapi sepanjang kurang lebih 250 meter. Melintasi dua pulau indah ala-ala flying fox dengan peralatan safety lengkap dan kru profesional yang akan memandu kita kebayang lah serunya seperti apa.



Tiba jam makan siang kita disuguhi dengan BBQ oleh tim Sabah Tourism Board di Pulau Sapi. Asyik seru-seruan main air dan coral flyer zipline membuat kami lahap menghabiskan makan siang. Bawaan capek dan lapar tentunya. Selepas itu kami dibawa kembali ke hotel untuk beristirahat karena akan ada kegiatan seru lainnya di malam hari.

Mari-Mari Cultural Village


Pukul 5 sore kami meluncur ke Mari-Mari Cultural Village. Sejauh perjalanan menyenangkan di Sabah jujur saja kunjungan ke Mari-Mari Cultural Village lah yang sangat berkesan untuk saya. Bagaimana tidak,  bayangkan tim dari Sabah Tourism Board mampu menyulap satu kawasan yang berisi tentang kultur budaya asli penduduk lokal. Mulai dari pengenalan suku asli mereka yaitu suku Bajau, melihat adat istiadat pernikahan, rumah adat dan mencoba berbagai permainan tradisional semuanya terangkum sempurna.








Menari tarian bambu bersama para penari profesional yang sudah lincah dengan aturan berusaha tidak terjepit dengan bambu yang digoyang-goyangkan. Lalu melompat tinggi di trampolin tradisional suku Bajau yang terbuat dari rotan dan bambu dengan maksud mengambil hadiah dari sang pengantin yang telah digantung setinggi 3 meter. Nekat mencoba namun alhasil nihil tangan tidak sempat menggapai hadiah sang pengantin malah kaki yang terasa sakit. Ya namanya juga usaha wajib dicoba.



Lanjut melihat atraksi api oleh para penari profesional. Tak lupa bidikan kamera untuk mengabadikan sejumlah atraksi mengagumkan lainnya. Rasanya jika belajar tentang sejarah tak akan terasa membosankan jika dikemas dengan cara yang menakjubkan seperti di Mari-Mari Cultural Village ini.





Tiba saatnya makan malam kami disuguhi dengan makanan tradisional yang sudah disiapkan disana. Sayang saya lupa namanya karena fokus mencicipi makanan tersebut tapi yang jelas para kru di Mari-Mari Cultural Village lah yang memasak langsung dihadapan kami menggunakan peralatan masak tradisional khas mereka.

Jika dirunut dari melihat rumah adat, proses pernikahan adat, pertunjukan tarian hingga memasak makanan tradisional jumlah kru di Mari-Mari Cultural Village tidaklah banyak kurang lebih hanyalah sebanyak 20 orang. Sungguh takjub dengan konsep tur yang disajikan oleh Sabah Tourism Board karena mampu menyuguhkan bermacam ragam atraksi dan kegiatan hanya dalam satu kawasan dan kru yang seperlunya. Sungguh sangat menginspirasi untuk dijadikan pengetahuan yang dapat di bawa pulang ke tanah air.

Desa Cattle Dairy Farm


Wisata peternakan yang begitu luas serta terdapat pengolahan susu sapi. Pemandangan gunung yang indah dengan diramaikan oleh sapi-sapi lucu berkumpul. Kami diajak masuk ke dalam peternakan untuk melihat sapi dan kambing lucu. Dibolehkan bagi pengunjung untuk memberikan makan dan susu tapi dengan syarat membelinya di kasir. Juga dihadapkan dengan ruangan pengolahan susu yang menggunakan teknologi terkini.





North Borneo Sunset Cruise


Dikhususkan bagi siapa saja yang butuh kesegaran mata, disini tempat yang paling tepat. Berkisar sekitar RM 300 untuk 1 kali perjalanan. 1 kapal maksimal memuat penumpang 150 orang. Di dalamnya terdapat hidangan makanan-makanan enak dan hiburan santai seperti nyanyian dan tarian modern. Penumpang rata-rata didominasi cewek-cewek korea. Pelayanan yang menyenangkan dan seru. Disana kami sangat terhibur dan hingga kami lupa waktu berlayar sudah selesai. Rasanya tak ingin pulang karena kami benar-benar menikmati suasana meriahnya.





Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Perjalanan Paling Berkesan di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

2 comments:

  1. Zipline dan sea walk, wishlist aku kalau main ke sabah...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *