Tak Punya Ide buat Menulis?

Bingung mau mulai nulis dari mana, bingung mau nyampaikan apa, bingung mau ceritakan apa, takut nulis sesuatu tapi orang tak suka, takut gara-gara nulis malah dikira menebar fiktif, takut dikomentari, takut capek-capek nulis tapi malah dihina karena tulisannya jelek dan ceritanya tak menarik, takut tak ada yang baca, takut memulai, takut salah tata bahasanya, dan lain sebagainya.


Ilustrasi: Stres Tak Punya Ide buat Menulis 


Saat saya pun tak punya ide buat menulis, tanpa disadari saya sudah mulai menulis satu paragraf atau lebih tepatnya 57 kata dan 382 karakter. Pertanyaannya, gimana kalau saya punya ide dan ide itu bagus serta menarik? Berapa banyak lagi yang bisa saya dapati? Yuk baca terus sampai habis.

Menulis dasarnya ya akal pikiran, mood, emosi, dan terus menulis. Kalau cuma dipikirkan saja, namanya bukan menulis tapi menghayal. Jadi intinya, tulis aja apa yang kita rasakan. Entah itu curhat yang sifatnya menyampaikan keluh kesah, kesal sama seseorang, ingatan masa lalu, ingin melakukan sesuatu, punya ide atau gagasan yang ingin disampaikan kepada orang lain tapi malu atau takut menyampaikan secara langsung, ingin memberikan tutorial yang sebelumnya menjadi masalah pada kita yang sudah terselesaikan dan kemudian disampaikan kembali supaya jadi solusi, dan masih banyak lagi yang bisa kita eksplor.

Menulis itu bebas. Meski ada batasan oleh etika, menulis intinya menulis. Entah itu sifatnya provokatif, sindiran, lelucon, materi, hinaan, dan lain-lain. Menulis saja lah karena menulis termasuk salah satu hak kita sebagai manusia yang semakin hari semakin tumbuh mengarah pada era teknologi yang semakin canggih.

Tapi ingat, menjadi penulis tak semudah yang dibicarakan dan dipikirkan. Penulis juga manusia yang bisa menjadi baik ataupun buruk. Tapi Penulis mesti cerdas! "Kenapa?" Karena sifatnya tulisan, pastilah dibaca. Bukan hanya kita loh yang baca. Kecuali setelah kamu tulis kemudian kamu hapus. Disini bicara pada konteks menulis untuk publikasi luas ya.
Jadi otomatis, SIAPA PUN bisa membaca dan berhak membaca tulisan kamu. "Lah kok orang mau baca tulisanku?" Itu sudah menjadi hak setiap orang karena sifatnya publikasi, apalagi sampai dibagikan ke sosial media. Jelas akan banyak yang baca. Apalagi kamu yang setiap harinya terus berinteraksi aktif di sosial media. Nah satu masalah terpecahkan. Sadar? Tulisan kita PASTI ada yang membaca karena kamu bagikan ke sosial media. Jadi kamu tak perlu takut menulis bagus menjadi sia-sia.

Sekarang masih bingung gimana caranya mau mulai nulis? Ikuti tutorial berikut:
  1. Siapkan laptop/ kertas sama pulpen atau pensil/ komputer/ handphone.
  2. Mulailah menulis dengan apa yang kamu pikirkan. Misal lagi mikirin pacar yang tak kunjung memberi kabar. "Lagi pusing, lagi lemes, lagi badmood nungguin pacar yang entah sedang sibuk apa, sedang ngapain, entah udah makan apa belum dan bla..bla..blaa..seterusnya" Sampaikan aja semuanya. Yang penting jangan terlalu vulgar dan intim. Natural aja, gunakan bahasa yang kita sukai tapi jangan disingkat-singkat ya tulisannya karena supaya mudah dipahami dan dibaca.
  3. Usahakan menulis sampai capek. Semakin panjang semakin bagus. Membiasakan diri untuk menikmati sensasi menjadi penulis.
  4. Setelah selesai menulis, biasakan membacanya dari awal sampai habis. Semakin sering dibaca ulang, kamu akan terlatih untuk menjadi penulis yang semakin baik. Karena dengan kita membaca ulang, kita akan menemukan koreksian (kesalahan penulisan/typo) dan kita akan sadar enak tidaknya runutan tulisan kamu.
  5. Menulis lagi dengan judul yang berbeda. Sering lah menulis. Karena menulis sifatnya tak terbatas dan bebas, tulis aja semau kamu, apa yang mau kamu tulis.
  6. Jadilah bertanggung jawab. Apa yang sudah kita tulis, itu berarti tanggung jawab kita sepenuhnya atas komentar pembaca.
  7. Jadilah bijak. Mulai dengan menerima komentar baik dan buruk orang terhadap kita, itu awal mulanya kamu menjadi penulis yang hebat.


Masih belum dapat ide buat mulai nulis? Masih takut buat mulai menulis?
Emang biasanya ide dapat tepat saat kita sedang lagi galau dan senang. Jarang sekali mood itu datang disaat lagi biasa-biasa aja. Saya punya trik yang sangat-sangat bagus.
Boleh kontak saya dan akan saya bagikan tips triknya cuma dengan IDR 1 juta. wkwkwkwk bercanda. Tapi kalau serius juga gak apa apa. :p

Oke lanjut, Tips Trik buat menulis dengan ide yang sangat minim dan ketakutan yang sangat tinggi, cara paling ampuh yaitu dengan cara copy-paste tulisan orang lain yang kita rasa menarik, enak dibaca, dan mungkin sesuai dengan problema yang sedang kita hadapi.
"Bukannya copy-paste itu tidak boleh ya? Melanggar etika menulis kan?" Yap! Itu sangat benar. Makanya simak dulu sampai habis. hehehe..

Pertama, copy-paste tulisan tersebut.
Kedua, ganti poin-poin yang tak sesuai dengan problema atau hal yang tak berhubungan dengan kamu.
Ketiga, ganti gaya bahasanya sesuai selera dan seenaknya kamu.
Nah, disini kamu mulai belajar mengoreksi tulisan dan memperbaiki. Disini kamu udah mulai mendapatkan kemampuan buat memperbaiki dan menjadi penulis yang cerdas. Karena merombak dan memperbaiki tak semudah memulai dari awal.

Mungkin saya rasa cukup lah solusi terhadap kamu yang Tak Punya Ide buat Menulis.
Oh iya, untuk menjadi penulis yang semakin baik, percaya diri aja buat nunjukkin tulisan kamu ke orang lain. Percaya deh! Bahwa semua orang dalam bidang dan kemampuan apa pun, dimulai dari rasa sakit dan keterpurukan. Jadi jangan minder atau pun takut.

omgoegel

Hopefully article about Tak Punya Ide buat Menulis? useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

No comments:

Post a Comment

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *