Apa sih yang dikerjakan Programmer?

Ilustrasi Apa sih yang dikerjakan Programmer
Ilustrasi Programmer

Pertanyaan pertama yang muncul setelah baca judul, "Emangnya programmer itu kerja serumit apa sih?" Programmer bisa dikatakan sebagai makhluk atau manusia yang dikasi tuhan keahlian dan membuat sebuah program.

"Program itu yang seperti Adobe Photoshop, Microsoft Office, Safari, Google Chrome, The Gimp, Gnome Media Player itu kah yang dibuat Programmer?"
Jawabannya, IYA. Kamu benar sekali. Tapi tak hanya itu. Dalam bahasa Programming, ada 50 lebih bahasa pemrograman yang ada di dunia dan akan terus berkembang. Program yang tersebut di atas, bisa di kategorikan sebagai bahasa program desktop. Nyatanya, di dunia ini ada lebih dari 50 bahasa program yang diterapkan pada aplikasi Desktop, Website, Mobile, dan Hardware.

Beberapa yang terpopuler di dunia (hasil dari PYPL: PopularitY of Programming Language Index, September 2015) menyatakan bahwa java, PHP, Python, C#, dan C++ masuk dalam 5 besar bahasa pemrograman yang paling sering digunakan.

"Selain desktop, ada aplikasi website dan mobile. Emangnya aplikasinya seperti apa?"
Aplikasi website, bisa kita definisikan sebagai berikut: Program yang dibuat dan dijalankan menggunakan browser (Google Chrome, Safari, Firefox, Internet Explorer) bisa dikategorikan kedalam pemrograman basis Web.
Contohnya seperti Facebook.com, Twitter.com, Wikipedia.com, Google.com, Tokopedia.com, bahkan program yang dijalankan secara local (localhost atau secara offline internet), bisa termasuk dalam bahasa pemrograman basis web.
"Bahasa apa yang dipakai untuk membuat aplikasi basis web?"
Umumnya dan yang paling populer dipakai adalah java, PHP, html, css, dan javascript.

"Trus gimana contoh aplikasi mobile?"
Aplikasi mobile, tergolong pada program yang dijalankan melalui perangkat smartphone.
Contohnya seperti Office Mobile, Playstore, Tokopedia, Clash of Clans, Facebook, dan lain-lain.
Bahasa pemrograman yang paling populer dipakai untuk membuat program pada aplikasi mobile adalah java (android), xml (android), XCode IDE (iOS), Objective-C (iOS), Cocoa (iOS), C# (Windows Phone).

"Hardware itu artinya perangkat keras kan? Berarti seperti komputer, keyboard, printer, smartphone, CCTV, TV, robot itu dibuat menggunakan bahasa pemrograman?"
Tentu iya. Di dalam setiap hardware, ditanamkan chip atau bisa disebut otak. Otak ini diprogram dengan algoritma atau kecerdasan atau logika atau fungsi dengan bahasa pemrograman khusus yang dibutuhkan sesuai keinginan si developer.

"Jadi, Programmer itu kerjaannya buat program persis seperti di atas?"
TIDAK. Programmer layaknya seorang creator atau developer. Mereka membuat program dengan banyak tujuan. Ada yang dibutuhkan untuk pembuatan game, toko online, keamanan, keuangan, hardware, laporan, robot, dan lain sebagainya.
Programmer biasanya juga membuat program sesuai permintaan pelanggan atau membuat sebuah program sebagai solusi membantu masalah yang sangat sulit dikerjakan secara manual.
Misal, pelanggan menginginkan pembuatan program rekap keuangan untuk kantornya dengan keluaran (output) berupa laporan yang secara otomatis menghitung jumlah berdasarkan hari, bulan, tahun dan hal ini sangat cukup repot jika dikerjakan secara manual. Kebayang kan gimana repotnya harus hitung-hitung setiap hari, bulan, dan tahun setiap mau bikin laporan? Kebayang kan berapa banyak kertas berkas yang harus disusun, dicoret-coret, bahkan disobek disaat deadline atau tutup buku? Disini lah peran penting seorang programmer. Mereka menyelesaikan solusi dan memberi kemudahan dengan programnya (harusnya seperti itu :p).

Intinya, programmer setiap hari bahkan setiap detik kerjaannya di depan laptop doang. Tapi kadang juga berkutat dengan hardware. Kerjaannya bisa kantoran, juga bisa dimana saja (tergantung mood) yang penting bawa laptop.
Kebayang kan gimana kehidupan seorang programmer? Makanya keluar berita fakta yang mengatakan bahwa keluhan dan masalah terbesar seorang programmer yaitu pada masalah cinta. Karena mungkin cintanya sudah terlalu banyak pada komputer yang selalu bersama. hehehe..
Tapi sisi lainnya, kebayang kan gimana kalau punya pasangan seorang programmer? Masalah dan kerumitan orang lain (pelanggan) aja bisa diselesaikan dan dibuat mudah, apalagi masalah dan kerumitan rumah tangganya sendiri. Begitu kan? Semoga saja.. hehehe..

Mungkin masih banyak contoh dan bahasan tentang programmer ini. Next time saya akan berbagi cerita lagi soal programmer ini. sekian.

Catatan: Jadi, bagi wanita lajang yang mau berumah tangga sama saya, silahkan kontak aja. oopss.. :p (poin penting)

Ero Pradolly Prasitha

Hopefully article about Apa sih yang dikerjakan Programmer? useful for Om Goegel loyal readers. Know more about me, please read more on WHO AM I? page. Great thanks.

Number of Posts:

6 comments:

  1. ane langsung lupa sama point2 diatas krn catatan yg paling bawah.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. ente jak bise "tekenak", apelagi cewek2. hahaha

      Delete
  2. keren banget om artikelnya. Lucu, jadi kerjaan programmer sekarang ngeprogam hati cwek biar jd istri ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kerjaan programmer.. tapi kerjaan saye jak. wkwkwkwk

      Delete
  3. kalau untuk mendesain website secara otodidak kira kira bisa nggak mas ero? ada bukunya nggak yang membahas masalah bahasa pemrograman website seperti php, html, javascript dll? kayaknya kok asik gitu, suka ngotak atik yang kayak gitu...walaupun jadinya malah tambah berantakan..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok. Saya dulunya juga sempat belajar pake buku tutorial. Cari aja di Gramedia. *tips: cari yang ada CD nya

      Delete

RULES:
1. Hindari komentar SARA, porno, atau melanggar HAM
2. Disini bukan zona pertikaian (silahkan bertikai di ring lain)
3. Link tidak jelas serta mengarah ke pelanggaran kode etik dan hukum yang berlaku adalah HARAM disini
4. Penulis tidak bertanggung jawab atas apapun bentuk efek samping dari penyalahgunaan atau penyalahartian terhadap apapun konten dari blog ini
5. Penulis memiliki hak untuk menolak/menghapus komentar yang dianggap melanggar pasal-pasal di atas

PS:
“Jadilah orang yang sopan dan cerdas dalam berkomentar”.
Ask if you are not sure and/or don’t know or eager to know more,
Give solution if you found any errors, stop komentar-komentar kosong!

Contact Form

Name

Email *

Message *